Senin, 28 Mei 2012

Entering Math Zone part 1

"|
Mungkin banyak diantara kita sulit untuk masuk ke zona matematika ( ngerti matematika) tapi mungkin saya punya sedikit cerita yg mungkin bisa membuat rekan- rekan semua bisa masuk ke zona awal matematika.

PERTAMA, banyak dari kita akan sulit masuk dalam suatu zona kalo kita ga tau asal - usulnya zona itu.
nah mungkin ini cerita pertama dari thony yg bisa memjadi inovasi yg bisa menambah cara mempelajari sesuatu yg lebih asyik.

kita mulai dari deret...
seorang murid yg sangat cerdas dan guru yg memiliki kebiasaan memberikan soal - soal yg sulit . . .
guru tersebut memberikan sebuah pertanyaan ...

coba kalian hitung berapakah hasil dari 1+2+3+4+...100
ketika guru tersebut belum selesai menuliskan soal itu ada seorang murid yg bisa menjawab dengan cepet.

guru tersebut juga langsung bertanya "bagaimana cara untuk menyelesaikannya "
jawaban si murid ...
dia mengelompokkan angka2 itu menjadi dua pasang
1+100
2+99
3+98
....
...
50+51
jadi ada 50 pasangan angka yg bernilai 101
maka dia hanya menghitung hasil dari jumlah angka di kali dengan banyak pasangan angka.
hasilnya 5050

atau dengan kata lain jumlah angka  di kali banyak angka kemudian di bagi 2
(1+100)(100)/2 =5050

tunggu  cerita selanjutnya...

News